10 Fakta Gempa dan Tsunami di Jepang

Gempa dan Tsunami yang terjadi pada Jumat 11 Maret 2011 di Jepang ini memang menyisakan banyak kedukaan. Dari berbagai berita, informasi maupun bukti, dari sini ada beberapa fakta dan realita yang diakibatkan gempa dan tsunami maha dahsyat tersebut,

  1. Berkekuatan 9 Skala Richter, kedahsyatan kekuatan seperti ini pernah juga terjadi di Jepang kira-kira 1000 tahun yang lalu, atau dapat diambil kesimpulan bahwa gempa seperti ini adalah siklus ribuan tahun.
    Peta Tsunami Jepang

     

  2. Selain berdampak buruk pada seluruh kegiatan perekonomian daerah yang terkena bencana, gempa ini juga mengakibatkan meledaknya beberapa reaktor PLTN seperti pada reaktor di PLTN Fukushima Daichii.
  3. Pulau Honshu di Jepang bergeser kira-kira 2,4 meter akibat gempa dahsyat ini.
  4. Lebih dari 10.000 orang meninggal dunia, dan 10.000 orang lagi masih belum ditemukan.
  5. Tidak ada penjarahan barang-barang seusai bencana terjadi dan para korban bencana juga masih mempunyai sikap sabar dan tertib menanti distribusi logistik, hal ini mencerminkan masyarakat Jepang mempunyai mentalitas peradaban sangat maju.
  6. Jepang adalah negara paling siap dalam menghadapi bencana alam, terutama gempa bumi dan tsunami. Walaupun demikian, bantuan masih mengalir dari berbagai penjuru negeri.
  7. Hampir semua penulis maupun blogger di dunia internet memuji ketabahan warga Jepang dalam menghadapi ujian bencana ini.
  8. Energi seismik gempa tersebut 180 kali lebih besar dari gempa di Kobe pada tahun 1995 yang menewaskan 6000 jiwa lebih.
  9. Tsunami mencapai ketinggian 10 meter di daerah Provinsi Miyagi, Pulau Honshu. Perlu diketahui pula bahwa Provinsi memang sering diterjang tsunami sejak tahun 1700-an.
  10. Salah satu faktor penyebab gempa dan tsunami sedahsyat ini adalah runtuhnya lempeng Pasifik sepanjang 500 kilometer dan selebar 100 kilometer jatuh hingga setinggi 8 meter.